Tidak masalah saat kau merasa lelah dan putus asa, karena itu manusiawi. Yang menjadi masalah adalah saat kau memutuskan untuk berhenti.

  Source Di zaman sekarang setiap orang mendapatkan kemudahan memperoleh informasi melalui internet. Internet menjadi sa...

Think About It...





Di zaman sekarang setiap orang mendapatkan kemudahan memperoleh informasi melalui internet. Internet menjadi sarana penting bagi generasi millenial untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mendapatkan ketenaran, mendapatkan uang, memperoleh kepuasaan tersendiri dengan mendapatkan informasi yang bahkan bisa dibilang sangat tidak penting untuk di jadikan bahan perbincangan.
Akhir-akhir ini kita dapat melihat bagaimana pengguna internet terkhusus nya pengguna media sosial sudah bertingkah di luar batas kewajaran. Mulai mengkritisi dan menghujat hal-hal yang tidak seharusnya. Mereka mulai bertindak sebagai hakim yang memutuskan tindakan yang harus dan tidak harus dilakukan oleh seseorang. Pengguna media sosial mulai merasa bahwa mereka punya hak untuk mengomentari dan bahkan mengkritik habis-habisan setiap postingan yang muncul dengan berdalih bahwa “setiap orang berhak berpendapat sesuai dengan apa yang mereka fikirkan”. Benar memang, setiap orang boleh berpendapat dan berkomentar karena hal itu merupakan salah satu hak asasi yang dimiliki setiap manusia. Pada zaman sekarang media sosial menjadi sarana terpopuler untuk menyampaikan fikiran. Orang-orang tanpa fikir panjang akan menghujat seseorang yang viral di media sosial disebabkan karena hal yang memalukan. Orang-orang tanpa fikir panjang akan mencaci mereka yang gagal dalam melakukan suatu hal. Pengguna media sosial yang biasa disebut netizen sering dengan semena-mena menyebarkan suatu informasi yang belum tentu jelas kebenarannya dan dibumbui dengan cacian dan makian yang menarik orang lain untuk melontarkan hujatan yang sama.
Tapi, apakah mereka pernah memikirkan perasaan orang-orang yang telah mereka jadikan bahan olok-olokan? Orang-orang yang telah mereka viralkan dengan cerita-cerita buruk yang sama sekali tidak benar. Ucapan dan pendapat dari orang lain bisa menjadi sangat berpengaruh terhadap seseorang. Tidak semua orang mampu menanggapi pendapat buruk netizen dengan logika dan kepala dingin. Terdapat banyak orang yang hanya akan menelan bulat-bulat ujaran kebencian yang ditujukan kepada mereka. Berawal dari kesedihan serta kekecewaan terhadap tindakan yang diterima lalu berlanjut menjadi keputusasaan yang berlarut-larut dan berujung dengan tindakan bunuh diri. Sadari lah ucapan serta pendapat yang tidak menyenangkan menjadi faktor utama alasan adanya nya tindakan bunuh diri yang akhir akhir ini banyak terjadi.
Jadi jangan biarkan pendapat-pendapat mu menjadi pendorong bagi seseorang melakukan tindakan berbahaya bagi dirinya sendiri. Bijak lah dalam berpendapat dan luaskan pikiran mu sehingga mampu melihat suatu permasalah tidak hanya dari satu sisi. Jangan lupakan bahwa setiap manusia memiliki batasan tertentu dalam menerima perlakuan buruk dari orang-orang sekelilingnya. Jangan biarkan pikiran jahat mu menutupi hati nurani mu dalam melakukan kebaikan.  

0 coment�rios: